Jumat, 24 Februari 2012

Golongan Darah...





Golongan darah terklasifikasi karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah. Golongan darah itu pada dasarnya membawa karakteristik khas dari masing-masing golongan. Dua jenis penggolongan darah yang paling penting dan umum kita ketahui adalah penggolongan ABO dan Rhesus (faktor Rh). Karl Landsteiner, memperoleh penghargaan Nobel dalam bidang Fisiologi dan Kedokteran pada tahun 1930 untuk jasanya menemukan cara penggolongan darah ABO. Sistem yang diciptakan oleh Karl Landsteiner ini ternyata banyak diteliti oleh ilmuwan, baik di bidang kedokteran dan kesehatan sendiri, olahraga hingga bidang psikologi.

Dulu kita hanya tahu sebatas golongan A, B AB, dan O saja. Namun, itu belumlah cukup. Rhesus pun memiliki peranan penting terutama dalam transfusi darah. faktor Rhesus atau faktor Rh, namanya diperoleh dari monyet jenis Rhesus yang diketahui memiliki faktor ini pada tahun 1940 oleh Karl Landsteiner. Seseorang yang tidak memiliki faktor Rh memiliki golongan darah Rh- dan jika memiliki berarti golongan darah Rh+. Penulisan biasanya diikuti oleh jenis golongan darah, seperti B+, A-, dll.

Salah satu yang menarik adalah nabi Adam yang diciptakan pertama kalinya lalu Hawa dan menciptakan keturunan mereka. Seharusnya ada kemiripan sehingga golongan darah manusia berada dalam 1 jenis yang sama. Ternyata, dilansir dari Health2009, Adam diperkirakan merupakan makhluk yang auto-reproduksi dengan fisi biner (menghasilkan keturunan yang sama persis tanpa pembedaan), seperti yang terlihat pada beberapa hewan tingkat rendah dan tumbuhan. Ketika Adam menghasilkan keturunan dari Hawa, yaitu wanita yang pertama diciptakan, memungkinkan terjadinya kombinasi dan juga silang materi genetik, sebagaimana terjadi pada fase meiosis (pembelahan yang terjadi pada fase reproduksi seksual), sehingga terjadilah perbedaan atau variasi gen pada keturunannya. Selama evolusi banyak permutasi dan kombinasi gen berbeda terjadi, hingga mencapai suatu kondisi yang akhirnya dapat membedakan berbagai golongan darah manusia.

 
 Tabel transfusi golongan darah + Rhesus


Tak hanya Karl yang meneliti golongan darah, Dr. Peter J. D’Adamo, seorang naturopatis dari Stamford, Connecticut, Amerika Serikat, meneliti golongan darah yang berpengaruh di bidang kesehatan sehingga ia menciptakan sebuah pola / penggolongan makanan. Lebih lanjut akan dipaparkan di bawah. Para ahli di Jepang juga telah melakukan penelitian tentang golongan darah dan kepribadian sejak 60 tahun yang lalu. Bagi sebagian besar orang Jepang, faktor biologi dan genetika memiliki peran dalam menentukan kepribadian.
"Golongan darah bisa memberikan kunci kesehatan dan bahkan mempengaruhi kepribadian kita," kata Dr Peter J. D'Adamo, dokter naturopathic Kanada, seperti dilansir dari Bodyecology, Kamis (29/4/2010).



Coba kita perhatikan bahwa klasifikasi ini ternyata berpengaruh pada bidang yang lain.




Golongan darah A
golongan darah ini memiliki sel darah merah dengan antigen A di permukaan membran selnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen B dalam serum darahnya.

Makanan
dianjurkan :  makanan tinggi karbohidrat dan rendah lemak.
sangat bermanfaat : bayam, brokoli, wortel, jamur ikan mas, kacang tanah, kacang buncis, kacang/susu kedelai, tahu, tempe, tepung beras, blueberry, minyak zaitun, ikan mas, ikan sardine.
netral : ikan tuna, telur ayam&bebek, telur puyuh, minyak wijen, biji bunga matahari, kacang ercis/kapri, jagung, tapioca, roti gandum, labu, bawang merah, mentimun, talas, anggur, melon, blewah, pir, delima, kurma, stroberi, kesemek, jambu biji, daging ayam.
yang dihindari : daging (sapi, bebek, kelinci, ayam hutan, lobster, gurita, kepiting, belut, udang, cumi), mentega, susu sapi, keju, es krim, susu murni, acar, terong, tomat, ubi, kentang, jeruk, kelapa/santan, melon, madu, pisang (raja), pepaya, pare, air soda.

Kesehatan
Golongan darah A cenderung memiliki sistem pertahanan yang sensitif. Terlalu banyak stres dapat melemahkan kekebalan tubuhnya lebih cepat daripada golongan darah yang lain.
Kebanyakan dari mereka memiliki masalah asam lambung yang rendah bahkan sejak dilahirkan. Orang yang bergolongan darah A hampir tidak ada daya tahan penyakit terhadap cacar, dan nyamuk juga lebih suka menggigit mereka. Umumnya mudah terinfeksi penyakit staphy lococcus suppurate, salmonellosis, tuberkulosa, difteri, disentri, influenza, aterosklerosis, encok, infark otot jantung, epilepsy, chronic alcoholism dan lain-lain penyakit.

Kepribadian
Cenderung bersifat kooperatif, peka, rajin, penuh gairah, cerdas, dan perfeksionis. Orang dengan golongan darah ini dapat menahan emosi sampai akhirnya meledak. Kebanyakan dari mereka adalah orang yang kaku dan tidak sabar.

Pekerjaan
kebanyakan adalah sekretaris, administrasi atau akuntan, dan pekerjaan lain yang membutuhkan ketelitian, detail kecil dan keteraturan.





Golongan darah B
golongan darah ini memiliki antigen B pada permukaan sel darah merahnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen A dalam serum darahnya.

Makanan
dianjurkan : Susu dan produk susu.
sangat bermanfaat : ikan laut, susu sapi, keju, bubur, gandum, roti essene, kue beras, brokoli, ubi, wortel, kembang kol, terong, teh hijau.
netral : cumi, ikan mas, ikan tuna, mentega, keju, telur ayam, kacang merah, kacang buncis, tepung beras, roti beras, bayam, brokoli, selada, mentimun, labu, kentang, sawi, mangga, melon, jeruk, pir, kurma, jambu biji, daging sapi.
yang dihindari : daging (ayam, bebek, keong, kepiting, siput, belut, gurita, lobster), es krim, telur (bebek, angsa, puyuh), kacang tanah, roti gandum, tomat, jagung, alpokat, pare, delima, kelapa/santan, kesemek, belimbing, pir, air soda, minuman beralkohol.

Kesehatan
Orang yang memiliki golongan darah B memiliki sistem kekebalan yang kuat, tetapi rentan terhadap infeksi virus yang berkembang lambat, seperti lupus dan kelelahan kronis.
Mungkin juga mengalami masalah dengan gula darah yaitu hipoglikemia (kadar gula darah rendah), terutama jika mereka makan makanan yang salah. penyakit yang mudah dideritanya termasuk tuberkulosa, influenza, radiculoneuritis, osteonosus, urogenital system, radang sendi dll.

Kepribadian
Golongan darah B memiliki empati, mudah memahami pemikiran orang lain, namun sering ragu-ragu untuk menghadapi tantangan. Merasa santai, praktis dan fleksibel.

Pekerjaan
cocok menjadi ilmuwan, seniman atau petualang yang sesuai karakternya  yaitu individualis, pemikir dan mencintai kebebasan. 




Golongan darah AB
golongan darah ini memiliki sel darah merah dengan antigen A dan B serta tidak menghasilkan antibodi terhadap antigen A maupun B. AB dapat menerima darah dari golongan mana pun sehingga disebut juga resipien universal.

Makanan 
sangat bermanfaat : ikan sardine, ikan tuna, susu kambing, putih telur (ayam), keju ricotta, krim asam (rendah kalori), teh hijau, anggur merah.
netral : cumi, ikan mas, ikan tuna, mentega, keju, telur ayam, kacang merah, kacang buncis, tepung beras, roti beras, brokoli, bayam, selada, mentimun, labu, kentang, sawi, mangga, melon, jeruk, pir, kurma, jambu biji.
yang dihindari : daging (sapi, ayam, bebek, angsa, lobster, kepiting), mentega, es krim, telor bebek, kacang hitam, acar, jagung, belimbing, delima, pare, pisang, kelapa, kesemek, jambu biji, mangga, saus tomat, kopi, soda, minuman beralkohol.

Kesehatan
Sama halnya dengan A, namun lebih kuat dan lebih aktif.  Mereka perlu memperhatikan tingkat stres sehingga dapat berkompromi dengan sistem kekebalan tubuh mereka.  Mudah terinfeksi septic infection, penyakit saluran pernfasan akut, virus hepatitis dan lain-lain penyakit. Menurut statistik, orang yang bergolongan darah AB lebih tinggi 3 kali lipat mengidap schizophrenia dibanding golongan darah lainnya, namun, secara perbandingan orang yang bergolongan darah AB lebih rendah mengidap penyakit tuberkulosa dan pregnancy anemia dibanding golongan darah lainnya.

Kepribadian
Orang dengan golongan darah AB cenderung menjadi sangat menarik dan populer. Mereka tidak memusingkan hal-hal kecil dan terlihat sebagai orang yang religius. Mereka tidak suka dibatasi. Jika merasa sangat dikekang, mereka akan keluar jalur dan melakukan hal-hal dengan cara mereka sendiri.


Pekerjaan
golongan darah AB sangat unik karena mempunyai gabungan golongan darah A dan B, seperti mempunyai dua kepribadian. Pemilik golongan darah AB cocok menjadi penulis atau teknisi karena mempunyai juga karakter kritis, kreatif, sensitif dan bisa mengerjakan banyak hal, tetapi cenderung pemilik golongan darah ini lebih tertutup daripada pemilik golongan darah lain. 




Golongan darah O
golongan darah ini memiliki sel darah tanpa antigen, namun memproduksi antibodi terhadap antigen A dan B. O dapat memberikan darah ke golongan mana pun sehingga dinamakan donor universal.

Makanan
dianjurkan : Makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat.
sangat bermanfaat : brokoli, ubi, waluh, selada, ganggang laut, lobak cina, blueberry, cerry, jambu biji, bumbu kari, kacang polong, kacang merah, semua jenis bawang, rumput laut, jahe, kailan, kunyit, daging sapi.
netral : ikan mas, belut, lobster, ikan tuna, ikan sardine, udang, telur (ayam&bebek), mentega, kacang (hitam, merah, buncis, kedelai), tempe, tahu, susu kedelai, bubur gandum, beras, kue beras, roti beras, tepung gandum, terong, tomat, labu, daging ayam, daging bebek. 
yang dihindari : cumi, sotong, kerang, kodok, gurita, telur angsa, telur puyuh, es krim, keju, susu sapi, yoghurt, minyak kelapa, penyu, minyak jagung, jagung, bunga brokoli, kacang tanah, kacang mede, kuaci , kentang, mentimun, kembang kol, jamur, blewah, jeruk mandarin, pisang raja, pare, anggur putih, kecap, kopi, minuman keras.

Kesehatan
Orang bergolongan darah O dapat menangani stres lebih baik dari golongan darah lainnya. Mereka memiliki sistem kekebalam tubuh yang kuat, mereka sangat aktif baik fisik atau mental.
Orang dengan golongan darah O cenderung memiliki aliran darah yang lambat. Diperlukan banyak latihan yang kuat sekitar satu jam setiap hari untuk mengatasi hal tersebut.
O Mudah mengidap penyakit termasuk penyakit tukak lambung dan usus dua belas jari, hati mengeras, radang kandung empedu, radang usus buntu, bronchitis, abses dll. Meskipun biasanya gampang sakit, namun, rata-rata usianya jelas lebih panjang.

Kepribadian
O memiliki jiwa pemimpin, intuitif, fokus, mandiri dan berani meskipun dengan sikap yang tidak mau kalah.

Pekerjaan
golongan darah O cocok di posisi pimpinan pada umumnya, tentara, karena karakternya yang ambisius, terbuka dan kuat.





Lumayan cukup panjang kali ini. Terinspirasi setelah ikut donor darah beberapa waktu lalu. hehe... ada copas juga berhubung banyak sekali ternyata site yang sudah membahas mengenai golongan darah ini.


sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Golongan_darah
http://www.gentongmas.com/berita/906-mengapa-golongan-darah-ada-4-ababo.html
http://biologilover.wordpress.com/2009/06/18/golongan-darah-menentukan-kesehatan-anda/
www.tanyadokteranda.com
www.kaskus.us
http://health.detik.com/read/2010/04/29/133040/1347795/766/golongan-darah-dan-masalah-kesehatan

http://erabaru.net/kesehatan/34-kesehatan/2364-hubungan-antara-penyakit-dengan-golongan-darah-
http://lenterakecil.com/golongan-darah-menentukan-karier/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar